Rabu, 29 September 2010

Pemahaman Tentang Dinamika Kelompok

Bila di telaah dinamika kelompok bisa diartikan dari unsur katanya sendiri. Karena kita tahu sendiri bahwa suatu dinamika mengandung suatu kekuatan, pergerakan, berkembang dan dapat menyesuaikan diri. Dan didalam dinamika itu sendiri terdapat interaksi yang mengarah kepada hal yang terindeks secara faktual. Didalam dinamika tersebut ada nya hubungan yang terjadi dari satu kelompok ke kelompok lain.

menurut Drs. Soelaiman Joesoyf (1986) dinamika adalah:


“Perubahan secara besar maupun secara kecil atau perubahan secara cepat atau lambat itu sesungguhnya adalah suatu dinamika, artinya suatu kenyataan yang berhubungan dengan perubahan keadaan”.
Sekarang kita akan membahas tentang Kelompok.
pada postingan sebelum nya di ; Pengenalan : Psikologi Kelompok sebagai Dasar Proses Kehidupan, diterangkan tentang definisi kelompok. Tapi saya akan mengulangi lagi sedikit. Memakai pendapat ahli yang berbeda.

Image Courtesy from internallakota.blogspot.com

Kelompok adalah sekumpulan orang yang saling berinteraksi dan mempunyai tujuan tertentu.
menurut Winardi kelompok adalah :


“Kelompok adalah suatu unit yang terdapat beberapa individu, yang mempunyai kemampuan untuk berbuat dengan kesatuannya dengan cara dan atas dasar kesatuan persepsi”.
Saya akan memberikan kesimpulan.
Dinamika kelompok adalah suatu kumpulan individu yang mempunyai tujuan tertentu dan saling berinteraksi untuk menunjang tercapai nya tujuan yang satu sama lain sangat saling mempengaruhi.

menurut Drs. Soelaiman Joesoyf (1983) dinamika kelompok berarti :

“Dinamika Kelompok berarti suatu kumpulan dari dua atau lebih individu di mana perubahan individu satu dapat mempengaruhi individu lain.”

 Sekian dari Saya.
 Mudah-mudah dapat membantu.
Salam, Fakhri.
Psychology Student.

0 komentar:

Posting Komentar