Selasa, 28 September 2010

Pengenalan : Psikologi Kelompok sebagai Dasar Proses Kehidupan

Mungkin rancu bila Anda memandang kompleksitas sebuah tatanan suatu perkumpulan. Namun simpel nya adalah bahwa manusia tidak lepas hubungannya dengan lingkungan, dan satu sama lain sangat mempengaruhi. Menurut Deddy Mulyana, 2005 kelompok adalah :

Kelompok adalah sekumpulan orang yang mempunyai tujuan bersama yang berinteraksi satu sama lain untuk mencapai tujuan bersama, mengenal satu sama lainnya, dan memandang mereka sebagai bagian dari kelompok tersebut.

Dari pengertian di atas kita tahu bahwa setiap kelompok terbentuk karena adanya suatu indikasi mereka akan melakukan sesuatu dan itu mempunyai tujuan, dan individu nya saling berinteraksi dengan individu yang lain dan saling mengenal. Kita tahu bahwa kelompok terkecil dalam kehidupan adalah keluarga, dan ternyata kelompok terkecil ini bisa sangat mempegaruhi individu.

Menurut tiga ilmuwan ; B. Curtis, James J.Floyd, dan Jerril L. Winsor (2005, h. 149) bahwa komunikasi kelompok terjadi ketika ketiga orang bertatap muka, biasa nya dibawah pengarahan pemimpin untuk mencapai tujuan atau sasaran yang diinginkan.


Dijelaskan lagi lebih detail bahwa sifat-sifat komunikasi kelompok adalah :
1. Kelompok berkomunikasi melalui tatap muka;
2. Kelompok memiliki sedikit partisipan;
3. Kelompok bekerja di bawah arahan seseorang pemimpin;
4. Kelompok membagi tujuan atau sasaran bersama;
5. Anggota kelompok memiliki pengaruh atas satu sama lain.
Dari sifat komunikasi kelompok dari ahli kita tahu bahwa komunikasi dilakukan tatap muka, namun di era sekarang komunikasi bisa tetap terjadi melalui berbagai media ; webcam, 3-G phone, dan berbagai tekhnologi yang mendukung terjadi nya komunikasi.

Yang dimaksud kelompok memiliki sedikit partisipan adalah setiap kelompok tidak mencangkup segala hal, jadi kelompok terbentuk karena keadaan yang semakin spesifik sehingga memungkinkan terjadi nya pembentukan kelompok sesuai dengan tujuan dibentuknya.

 Dan benar, dalam setiap kelompok ada suatu figur pemimpin, secara resmi atau tidak, figur ini adalah orang yang sangat berpengaruh dalam menentukan arah dan tujuan suatu kelompok, dan sangat berpengaruh dengan hubungan personal antara setiap anggota nya. Dan dalam teori Psikologi Sosial pemimpin bisa disebut "significant others" bagi anggotanya.

Image Courtesy from BelajarPsikologi.com

 Setiap anggota yang bergabung saling berbagi untuk mempererat hubungan sesama anggota, dan untuk memperjelas tujuan anggota.

Jadi, dalam kehidupan kelompok adalah sebuah proses, proses apa ? proses dalam pembentukan kepribadian seseorang, sehingga terjadi lah sebuah perilaku. Secara sadar atau tidak, lingkungan sangat berpengaruh bagi kehidupan seseorang.

Dan mulai sekarang, pilihlah lingkungan yang sesuai dengan tujuan kalian.

Semoga artikel yang saya tulis bisa membantu.

Salam, Mohamad Fakhri.
Psychology Student.

0 komentar:

Posting Komentar