Rabu, 06 Oktober 2010

Teori Produktivitas Kelompok

Sebelum saya mengemukakan subjektifitas saya tentang teori ini ada baiknya kita menelaah pendapat para ahli mengenai arti dari produktivitas :


Menurut Basu Swastha dan Ibnu Sukotjo ( 1995: 281 ) produktivitas adalah sebuah konsep yang menggambarkan hubungan antara hasil ( jumlah barang dan jasa ) dengan sumber ( jumlah tenaga kerja, modal, tanah, energi, dan sebagainya ) yang dipakai untuk menghasilkan hasil tersebut.
 
Sedangkan George J. Washinis ( Rusli Syarif,1991: 1 ) memberi pendapat bahwa “Produktivitas mencakup dua konsep dasar yaitu daya guna dan hasil guna. Daya guna menggambarkan tingkat sumber-sumber manusia, dana, dan alam yang diperlukan untuk mengusahakan hasil tertertu, sedangkan hasil guna menggambarkan akibat dan kualitas dari hasil yang diusahakan”.
 
Menurut profesor Luis Sabourin (Rusli Syarif,1991: 1) adalah “Rumusan tradisional dari produktivitas total tidak lain adalah ratio dari apa yang dihasilkan terhadap saluran apa yang digunakan untuk memperoleh hasil tersebut.”
 
Menurut Mukiyat ( 1998: 481 ) bahwa produktivitas kerja biasanya dinyatakan dengan suatu imbangan dari hasil kerja rata-rata dalam hubungannya dengan jam kerja rata-rata dari yang diberikan dengan proses tersebut.

 Dan sekarang pertanyaannya adalah, "mengapa produktivitas mempengaruhi seseorang masuk kedalam anggota kelompok ?"


Logikanya, semakin banyak produktivitas atau prestasi suatu kelompok, maka kelompok itu mempunyai daya tarik, sehingga banyak orang yang ingin masuk ke kelompok itu dengan tujuan ingin ber-prestasi juga.

 Coba lihat gambar diatas, saat Anggota masuk ke dalam kelompok, dan kelompok itu bisa dibilang adalah media nya indivudu untuk menghasilkan suatu produk/prestasi.


Dan saat individu mulai masuk dalam kelompok maka tentu saja individu tersebut melakukan Interaksi, dan Aksi, dan setelah masuk dalam kelompok dia mulai menjalan kan perannya ke dalam kelompok, yang nantinya dia akan menghasilkan sesuatu.


Semoga artikel yang saya tulis bermanfaat.
Salam, Fakhri.
Psychology Student.

0 komentar:

Poskan Komentar