Rabu, 06 Oktober 2010

Mengapa Seseorang Bergabung dengan Kelompok ?


Dalam kehidupan ini, tak terasa atau bahkan tak terpikirkan bahwa setiap manusia saling memenuhi sebuah sistem, yang didalamnya saling melengkapi, mempergunakan orang lain demi tercapai suatu tujuan. Dan saat kita renungkan lagi ternyata kita (manusia) sudah ada ditengah-tengah saling memanfaatkan. Mungkin itu sudah hakikat kehidupan.

Terdapat banyak kemungkinan dalam kehidupan bermasyarakat, yang ujung-ujungnya bila di diskusi kan akan menjadi hal yang sangat subjektif sekali. Dalam suatu kelompok pun seperti itu, walaupun mereka bersama tetapi setiap individu memainkan peran nya masing-masing. Sehingga itu yang membuat anggota kelompok nya menjadi terikat atau saling membutuhkan.

Image Courtesy from aliyaie.blogspot.com

Ada juga alasan mengapa individu ingin bergabung dalam suatu kelompok, yaitu ingin mendapatkan rasa aman dan rasa diakui. Dalam kehidupan sehari-hari juga kita mungkin menemui kasus saat individu bergabung ke suatu kelompok dia merasa lebih kuat, lebih berkuasa dibandingkan dengan orang yang tidak bergabung dengan kelompok.

Entah bagaimana menurut Anda suatu kelompok, dan saya yakin setiap orang mempunyai alasannya sendiri, kenapa dia bergabung di suatu kelompok atau tidak bergabung.


Semoga tulisan saya bermanfaat.
Salam, Fakhri.
Psychology Student.

0 komentar:

Posting Komentar